Logkerja.com – Melakukan negosiasi gaji dengan pihak perusahaan terkadang bagi seorang karyawan atau pelamar kerja adalah suatu hal yang membingungkan. Tidak sedikit juga yang memiliki keraguan jika nanti gaji yang diminta terlau besar atau bahkan terlalu kecil. Akibatnya hal tersebut malah diserahkan begitu saja kepada pihak perusahaan dengan mengatakan “Saya siap bekerja dengan gaji berapapun yang diberikan oleh perusahaan“. Kalau bisa dibilang kalimat seperti itu tidak ubahnya seperti seorang petinju yang menyerah sebelum pertandingan dimulai.

Perlu anda pahami bahwa kita sebagai seorang karyawan/ pelamar kerja bisa melakukan tawar-menawar gaji dengan pihak perusahaan, layaknya seorang pembeli dan seorang pedagang di pasar tradisional. Kita perlu mendapat kata sepakat dan jangan sampai menggerutu karna tidak mendapatkan gaji yang sesuai dengan nilai diri kita. Terus kiat apa yang harus kita lakukan untuk sukses dalam melakukan negosiasi gaji, berikut ulasannya:

Bagaimana Melakukan Negosiasi Gaji Dengan Perusahaan/ Instansi?

1. Lakukan penelitian
Anda bisa melakukan riset dan mencari data tentang range gaji yang ditawarkan di berbagi forum atau rekan sejawat mengenai posisi/ jabatan yang ingin anda tempati. Sesuaikan juga dengan ketentuan pemerintah terkait upah minimul regional di perusahaan tersebut berada.

2. Rangkailah kalimat yang pas dalam bernegosiasi
Biarkan pihak perusahaan menyebutkan angka terlebih dahulu terkait posisi yang akan anda tempati lalu nilai gaji tersebut sesuai dengan kemampuan anda. Jika tidak sesuai lakukanlah penawaran hingga mencapai kata sepakat meskipun perusahaan berkata bahwa gaji tersebut sudah diatas upah minimum regional.

3. Tunjukkan bukti yang mendukung dalam negosiasi anda
Adanya sertifikat pengalaman kerja/ beasiswa/ keahlian/ bahasa tentu akan membuat penawaran anda semakin diperhitungkan. Apalagi kalau keahlian tersebut sangat mendukung kinerja perusahaan dan bisa anda lakukan dengan “excellent“. Manajemen perusahaan yang profesional pasti akan berpikir dua kali jika membiarkan anda pulang lalu direkrut oleh perusahaan lain/ kompetitor.

4. Katakan dengan percaya diri
Buatlah mereka yakin bahwa anda itu memang bernilai dan merupakan aset yang sangat berharga bagi suatu perusahaan. Jika anda saja tidak yakin dengan diri anda, bagaimana orang lain bisa yakin tentang kemampuan yang ada di dalam diri anda. Anda tidak perlu sungkan (malu-malu) dengan pihak perusahaan karna proses negosiasi apalagi terkait urusan gaji tidak ada yang namanya “kekeluargaan“. Anda harus mendorong diri anda menjadi lebih berani dalam mengungkapkan keinginan soal upah sekalipun status anda saat ini masih seorang fresh graduate/ lulusan baru.

Baca juga: Daftar Lowongan Kerja Fresh Graduate

Pengalaman dalam bekerja memang penting tapi yang lebih penting dari itu adalah bagaimana anda menikmati pekerjaan tersebut serta menerima gaji yang pantas untuk diri anda. Jangan sampai anda menyalahkan perusahaan akibat keputusan keliru yang telah anda buat. Bersikaplah dewasa dan mulailah untuk mengukur kelayakan diri anda mulai dari sekarang. Semoga sukses! [Logkerja]

https://logkerja.com/wp-content/uploads/2018/07/negosiasi-gaji.jpghttps://logkerja.com/wp-content/uploads/2018/07/negosiasi-gaji-150x150.jpglogkerjaTips BekerjaTips Melamar KerjaTips karirLogkerja.com - Melakukan negosiasi gaji dengan pihak perusahaan terkadang bagi seorang karyawan atau pelamar kerja adalah suatu hal yang membingungkan. Tidak sedikit juga yang memiliki keraguan jika nanti gaji yang diminta terlau besar atau bahkan terlalu kecil. Akibatnya hal tersebut malah diserahkan begitu saja kepada pihak perusahaan dengan mengatakan...Informasi Lowongan Kerja Terbaru, Loker Terupdate